PlayStation, Sang Penguasa Game

Posted by Famartha Land 31 August 2010


Merek PlayStation (disingkat PS) sangat populer di kalangan pecinta game. PS merupakan sebuah konsol permainan yang diciptakan dan dikembangkan oleh Sony Computer Entertainment (SCE). PS pertama kali diluncurkan ke pasar oleh SCE pada 3 Desember 1994. PS sekarang ini mencakup generasi kelima, keenam, dan ketujuh dari video game. Merek tersebut terdiri dari tiga jenis konsol, sebuah pusat media, layanan online serta sebuah perangkat game genggam.

PlayStation orisinal merupakan "platform hiburan komputer" pertama yang mengirimkan 100 juta unit produknya yang dicapai dalam waktu 9 tahun 6 bulan setelah peluncuran pertamanya. Penggantinya -PlayStation 2- adalah konsol dengan penjualan terlaris hingga saat ini, yang penjualannya mencapai lebih dari 140 juta unit sejak 30 September 2009. Konsol terkini Sony -PlayStation 3- telah terjual hingga lebih dari 35,7 juta unit di seluruh dunia sejak akhir Maret 2009. Konsol permainan genggam pertama dalam seri PS, PlayStation Portable (PSP) terjual 60 juta unit di seluruh dunia sejak 14 Maret 2010. PlayStation Network juga memiliki jumlah pelanggan sebanyak 40 juta di seluruh dunia.

PlayStation asli yang diluncurkan bulan Desember 1994 merupakan yang pertama dari seri PlayStation dan alat permainan genggam yang sering djumpai. PlayStation orisinal ini turut memasukkan konsol pengganti dan pemutakhiran seperti Net Yaroze (sebuah PlayStation warna hitam khusus dengan alat-alat dan instruksi-instruksi untuk memprogram permainan dan aplikasi PS), PSOne (versi kecil dari yang asli), dan PocketStation (sebuah perangkat genggam yang meningkatkan kinerja permainan PS dan juga berguna sebagai kartu memori). Produk ini merupakan bagian dari generasi kelima dari konsol video game, bersaing dengan Sega Saturn dan Nintendo 64.

Di akhir Maret 2005, PlayStation dan PSOne telah mencatatkan angka penjualan sebanyak 102,49 juta unit. Angka tersebut menobatkannya menjadi konsol video game pertama yang mencapai penjualan 100 juta. (*/dari berbagai sumber)



0 comments:

Post a Comment