Mencari Ide Bisnis

Posted by Famartha Land 30 August 2010



Ide atau gagasan atau pemikiran untuk membuat suatu bisnis baru memang ’susah susah gampang’. Tetapi untuk mencarinya tidak perlu dengan melakukan ‘tapa brata’ atau ’semedi’, hanya di perlukan pengamatan yang mendalam akan diri sendiri dan lingkungan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai pencarian ide bisnis ini.

Pengamatan Diri sendiri

Hal yang sederhana adalah dengan mengamati potensi diri, apa yang ada pada diri kita, apakah itu hobby, keahlian tertentu atau malah suatu keinginan tertentu yang menurut anda sanggat mungkin diwujudkan. Banyak contoh dari pencarian ide bisnis dari pengamatan diri sendiri, yang paling mudah biasanya muncul dari hobby. Seorang ibu yang hobby dengan masak memasak bisa melakukan bisnis di bidang kuliner, seorang penghobby tanaman hias akan melakukan bisnis dibidang budidaya tanaman hias.

Pengamatan terhadap Lingkungan.

Ide bisnis juga bisa muncul dari kondisi lingkungan atau pengamatan dari lingkungan. Seorang pengusaha yang melihat lingkungan sekitar yang kesulitan melakukan pengolahan sampah, bisa mendapatkan ide bisnis untuk melakukan usaha pengolahan sampah, disamping bisa membantu kebersihan lingkungan, ternyata bisa menjadi ladang usahanya dalam bisnis sampah.

Pengamatan pada Komunitas lain

Pengusaha yang membuat bisnis Kebab Turki, bisa mempunyai ide bisnis tersebut ternyata dari hasil pengamatan pada saat banyak berada pada negara timur tengah, kebetulan pengusaha ini sering melakukan perjalanan ke negara tersebut yang merupakan asal makanan kebab ini. Maka timbulah ide bisnis untuk menjual makanan kebab di Indonesia, tentu saja dengan melakukan modifikasi (Make Inovation) rasa yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Meniru Usaha Orang lain (Copy Cat)

Ide bisnis ini seharusnya sangat mudah dilakukan , karena hanya melakukan bisnis yang sudah dilakukan oleh orang lain. Tetapi Ide bisnis ini biasanya akan retan didalam hal persaingan usaha, karena akan menyebabkan bagaimana menarik pelangan dari usaha sejenis lainnya. Contoh ide bisnis ini, bisa dilihat dari permunculan usaha sepeti warnet, laundry dll. Sebenarnya bisa saja memakai ide bisnis ini , tinggal bagaimana menciptakan perbedaan dari usaha sejenis yang telah ada, sehingga akan memunculkan bentuk bisnis yang lain.

Semoga artikel ini bisa membuat inspirasi baru dalam membuat bisnis atau malah mengembangkan bisnis yang sudah ada. Be Sucessfull Entrepreneurship.

(oleh Peter Jap)

Source: pelangiinstitute.com



0 comments:

Post a Comment